Keuntungan Menarik dari Investasi Properti



Daya tarik dalam berinvestasi properti salah satunya adalah berlakunya hukum compounding (pelipatgandaan). Menurut Joe Hartanto, pakar investasi properti, ada keuntungan spesial yang akan kita peroleh dari berinvestasi properti. Penulis buku "Property Cash Machine" ini mengutarakan keuntungan-keuntungan tersebut antara lain:

1. Properti adalah produk investasi yang jumlahnya terbatas.
2. Kontrol pasar ada di tangan pemilik properti. Artinya, dengan investasi properti, harga jual properti bisa diatur sendiri. Properti juga bisa menghasilkan uang tanpa kita harus menjualnya, misal dengan menyewakan atau melakukan refinancing (pendanaan ulang) terhadapnya.
3. Properti terlindung dari inflasi.
4. Properti 10 unit bisa dibeli dengan harga 1 unit. Misalnya ada harga rumah Rp2 miliar, kita bisa membelinya dengan sejumlah DP-nya saja misal Rp200 juta (10%), sisanya dibiayai pihak lain, sedangkan cicilannya dibiayai dari cashflow bulanan properti tersebut. Dari sini kita bisa simpulkan jika kita punya uang Rp2 miliar, maka kita bisa membeli sebanyak 10 rumah masing-masing Rp2 miliar dengan pembayaran DP tiap rumah Rp200 juta saja.
5. Langsung dapat untung saat membeli properti. Misalnya harga pasaran rumah Rp200 juta dibeli 150 juta jauh di bawah harga pasar, maka kita langsung dapat untung dari selisih harga tersebut.
6. Harga properti bisa dinaikkan dengan modal relatif kecil. Contohnya dengan mengecat ulang, memugar pagar sehingga kelihatan lebih baru, sehingga daya tariknya lebih tinggi.
7. Mendapat 2 keuntungan yaitu capital gain dan cashflow. Capital gain yaitu selisih antara harga saat jual sekarang dengan harga saat kita membeli, sedangkan cashflow adalah penghasilan yang dihasilkan dari aset tersebut.
8. Mendapat uang tanpa kita menjual properti tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan menyewakan properti tersebut ataupun menjadikannya tempat usaha.
9. Tidak menyita banyak waktu. Misalnya kita punya rumah sewaan atau kost. Dengan ditinggal pergi pun keuntungan dari biaya sewa tetap kita terima.
10. Nilai properti naik terus secara konsisten. Pada 5 tahun atau 10 tahun ke depan, nilai aset properti bisa dipastikan menaik tajam. Hal ini berbeda dengan investasi lain yang sewaktu-waktu bisa turun naik.
11. Properti bisa menghemat pajak pendapatan.
12. Investasi properti sangat disukai oleh bank sebagai sahabat properti Anda.
13. Orang-orang kaya di seluruh dunia banyak yang berinvestasi di bidang properti. Bahkan Ray Kroc (pemilik McDonald) yang kita ketahui berbisnis di makanan cepat saji, ternyata bisnis utamanya adalah properti yaitu dengan menyewakan setiap gerai McDonald di seluruh dunia.